RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
SMP :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mempraktekan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar dengan baik, dan nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indokator : 1. Melakukan passing atas dan passing bawah dalam permainan bola
voli.
2. Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi.
Alokasi Waktu : 4 x 2 x 40 Menit ( 4 x pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli.
b. Siswa dapat bermain bola voli dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
II. Materi Pembelajaran
Permainan Bola Voli
Ø Passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli.
Ø Bermain Bola Voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
III. Metode Pembelajaran
Ø Inclusive ( cakupan )
Ø Demonstrasi
Ø Belajar tuntas
Ø Resiprocal ( timbal-balik )
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
Ø Berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi.
Ø Guru memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Ø Pemanasan.
2. Materi Inti
a. Pertemuan 1 dan 2
Ø Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan teknik dasar passing bawah dan passing atas.
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 s.d 6 orang setiap kelompok.
Ø Siswa melakukan gerakan-gerakan dasar passing atas dan passing bawah tanpa menggunakan bola.
Ø Siswa melakukan gerakan dasar passing atas dan passing bawah dengan menggunakan bola secara berpasangan dalam kelompok yang telah dibagi.
Ø Siswa melakukan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.
b. Pertemuan 3 dan 4
Ø Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan teknik dasar passing bawah dan passing atas.
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 s.d 6 orang setiap kelompok.
Ø Siswa melakukan gerakan-gerakan dasar passing atas dan passing bawah tanpa menggunakan bola.
Ø Siswa melakukan gerakan dasar passing atas dan passing bawah dengan menggunakan bola secara berpasangan dalam kelompok yang telah dibagi.
Ø Siswa melakukan permainan bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.
3. Penutup
Ø Pendinginan.
Ø Berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar.
V. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Sumber :
- Lapangan dan Net - Buku Teks
- Bola - Buku Referensi
- Tiang
VI. Penilaian
a. Teknik Penilaian
Ø Tes Untuk Kerja ( Psikomotor )
Lakukan teknik dasar passing atas dan passing bawah
Keterangan :
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentan nilai antara 1 s.d 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = X 50
Jumlah skor maksimal
Ø Pengamatan Sikap ( Afeksi )
Mainkan permainan bola voli dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati peraturan permainan, kerja sama dengan teman satu team dan tunjuksn prilaku sportif.
Keterangan :
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang telah disediakan, setiap peserta ujian menunjukan dan menampilkan prilaku yang diharapkan. Tiap prilaku yang di cek
( √ ) mendapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = X 30
Jumlah skor maksimal
Ø Kuis / embedded test ( Kognisi )
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bola voli.
Keterangan :
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentan nilai antara 1 s.d 4.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = X 20
Jumlah skor maksimal
Ø Nilai akhir yang diperoleh siswa
Nilai tes unjuk kerja + Nilai Observasi + Nilai kuis |
b. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI
ASPEK YANG DINILAI | Kualitas Gerak | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Posisi awal tangan untuk melakukan passing atas, di depan atas dahi dengan jari-jari derenggangkan. 2. Posisi awal kaki untuk melakukan passing atas dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan. 3. Gerakan lengan melakukan passing atas mendorong bola ke depan atas diikuti tumit, lutut dan pinggul naik. 4. Posisi awal lengan untuk melakukan passing bawah lurus dan rapat. 5. Posisi awal kaki untuk melakukan passing bawah dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan. 6. Gerakan lengan melakukan passing bawah mendorong bola ke depan atas diikuti tumit, lutut dan pinggul naik. | | | | |
Jumlah | | |||
Jumlah Skor Maksimal : 24 | |
RUBRIK PENILAIAN
PRILAKU DALAM PERMAINAN BOLA VOLI
PRILAKU YANG DIHARAPKAN | CEK ( √ ) |
1. Bekerja sama dengan teman satu team untuk membangun serangan | |
2. Mentaati peraturan | |
3. Menghormati wasit | |
4. Menunjukan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain | |
Jumlah | |
Jumlah Skor Maksimal : 4 | |
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLA VOLI
Pertanyaan yang diajukan 1. Bagaimana posisi kaki dan tingkai kamu saat melakukan passing atas ? 2. Dimana perkenaan bola yang benar pada tangan, saat melakukan passing bawah ? 3. Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan passing atas ? Jumlah | Kualitas Jawaban | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
| | | | |
| ||||
Jumlah Skor Maksimal : 12 | |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................... ......................................
untuk permainan nya kurang lengkap bang.
BalasHapusuntuk materinya udh betul dan menarik.